berusaha untuk kebaiakan

Menag: Warga Syiah Sampang Akan Dibina, Sebelum



Dipulangkan

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan selain akan membantu proses pemulangan warga Syiah ke kampung halamannya, di Sampang, Madura. Pemerintah juga, akan melakukan pembinaan kepada seluruh warga Syiah yang mengungsi di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.
Suryadharma menuturkan bahwa dirinya menemui warga Syiah yang mengungsi di Sidoarjo, Jawa Timur, 6 November lalu. Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan kepada para pengungsi bahwa pemerintah telah melakukan komunikasi dengan ulama dan tokoh masyarakat di Sampang, Madura. Hasilnya, pengungsi dan para tokoh setempat menginginkan semua kembali ke kampung halamannya.
“Saya bertanya siapa yang mau kembali ke Sampang? Saya bilang ini tidak memaksa ya, dan semuanya angkat tangan, mau kembali ke Sampang,” kata Suryadharma seusai menjadi pembicara dalam diskusi politik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Senin (11/11/2013) seperti dilansir kompas.com.
Suryadharma menyampaikan, saat ini ada 69 kepala keluarga yang masih bertahan di pengungsian. Ia meminta, seluruhnya bekerja sama dengan pemerintah agar proses pemulangan berjalan sesuai rencana. Kerja sama tersebut, kata dia, seluruh warga Syiah yang mengungsi dimintanya bersedia dipindah ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.
Di asrama itu, para warga Syiah akan diberi pelatihan dan wawasan mengenai hidup rukun bertetangga. Semua pengungsi akan menetap di sana setidaknya sampai proses pembangunan rumah di Sampang selesai dilakukan sekitar 2-3 Desember 2013.
“Pemerintah memikirkan supaya ketika pindah ke sana sudah punya rumah. Semua sudah dikoordinasikan, biaya siap tinggal persamaan persepsi,” ujarnya.
Seperti diketahui, ratusan warga Syiah mengungsi setelah terjadi bentrok dengan warga Muslim di Sampang, Madura, beberapa waktu lalu. Bentrokan terjadi, karena warga Sampang menilai aktifitas Syiah sudah meresahkan. (qathrunnada/kompas)

Related : Menag: Warga Syiah Sampang Akan Dibina, Sebelum

0 Komentar untuk "Menag: Warga Syiah Sampang Akan Dibina, Sebelum"